Teknologi Penyaringan Air RO


Teknologi Penyaringan Air RO

Oleh:

Fikril Huda Mustofa (G1F010038)

Ega Utomo Riyandana(G1F010022)

Aldi Permadi (G1F010079)

ABSTRAK

Dalam industry farmasi air RO (Reverse Osmosi) bukanlah nama yang asing lagi, secara umm industry farmasi selalu menggunakan air jenis ini dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Kini ukan hanya industry farmasi, bahkan air RO sangat di andalkan oleh berbagai industry raksasa dalam pembuatan makanan dan minuman, bahkan air RO telah digunakan dalam proyek pengembangan NASA. Air RO yang sangat diandalkan dalam berbagai bidang industry ini merupakan air yang diproduksi dari system penyaringan dengan metode Reverse Osmosis. Sebenarnya bagaimanakah proses penyaringa Reverse Osmosi itu hingga didapatkan produk yang amat dipercaya oleh banyak industry ini ?

Reverse osmosis RO merupakan teknik penyaringan yang menyaring  molekul besar dan ion-ion dari suatu larutan dengan cara memberi tekanan pada larutan ketika larutan itu berada di salah satu sisi membran seleksi ( membrane semipermeabel ). Proses tersebut menjadikan zat terlarut terendap di lapisan yang dialiri tekanan sehingga zat pelarut murni bisa mengalir ke lapisan berikutnya. Membran seleksi itu harus bersifat selektif atau bisa memilah yang artinya bisa dilewati zat pelarutnya (atau bagian lebih kecil dari larutan) tapi tidak bisa dilewati zat terlarut seperti molekul berukuran besar dan ion-ion. Osmosis adalah fenomena alam yang terdapat dalam sel makhluk hidup dimana molekul “solvent” (biasanya air) akan mengalir dari daerah berkonsentrasi rendah ke daerah Berkonsentrasi tinggi melalui sebuah membran semipermeabel. Membran semipermeabel ini adalah membran sel atau membran apa pun yang memiliki struktur yang mirip atau bagian dari membran sel. Gerakan dari “solvent” berlanjut sampai sebuah konsentrasi yang seimbang tercapai di kedua sisi membran.

Dalam proses Reverse Osmosi yang terjadi adalah pemaksaan sebuah solvent dari sebuah daerah konsentrasi “solute” tinggi melalui sebuah membran ke sebuah daerah “solute” rendah dengan menggunakan sebuah tekanan melebihi tekanan osmotik. Dalam istilah lebih mudah, reverse osmosis adalah mendorong sebuah solusi melalui filter yang menangkap “solute” dari satu sisi dan membiarkan pendapatan “solvent” murni dari sisi satunya, sehingga pada akhirnya zat akan mengalir secara terbalik dari proses osmosis melalui membrane penyaring.

Air RO direkomendasikan oleh :

  • Rumah sakit terkemuka untuk mesin Haemodialisa (cuci darah)
  • Industri farmasi sebagai pelarut obat
  • NASA, Badan Antariksa AS
  • Industri soft drink raksasa di seluruh dunia
  • Angkatan Laut AS, pada kapal selam dan kapal perang

Manfaat Air RO

  • Mengurangi kadar keasaman darah
  • Menjaga dan meningkatkan kesegaran tubuh
  • Mempercepat pengaruh daya larutan
  • Memperbaiki sirkulasi darah
  • Memperbaiki metabolisme
  • Mencegah pembiakan bakteri
  • Membantu pertumbuhan dan perkembangan

Air RO dapat digunakan banyak di berbagai industry, karena TDS water RO dapat dibuat hingga “0” sehingga sangat sesuai digunakan pada suatu proses yang tidak membutuhkan adanya unsur mineral dalam air. Dimana diketahui, mineral yang terkandung dalam air dapat mempengaruhi proses yang diingini.

Seperti halnya air minum dalam kemasan yang banyak beredar di pasaran, umumnya mengandung TDS 100 atau kurang dan biasanya banyak mengandung mineral. Jika ini digunakan dalam proses produksi, sementara kehadiran mineral tsb tidak dibutuhkan, maka tentu kualtas produk akan mengalami perubahan dari apa yang diingini

KEUNTUNGAN DAN KEUNGGULAN MODUL RO

Modul RO mempunyai ciri-ciri yang sangat khusus sebagai model pengolah air yaitu:

  1. Kebutuhan Energi relatif hemat.
  2. Hemat Ruangan.
  3. Mudah dalam pengoperasian karena pengendalian operasi terpusat pada satu panel yang kecil dan sederhana.
  4. Kemudahan untuk menambah kapasitas.
  5. Produksi airnya dapat langsung diminum, tanpa dimasak dahulu.
  6. RO mudah dipindahkan ke lokasi lain (ada yang terpasang dalam unit mobil RO atau kontainer).

Referensi

Kurniawan, Wahyu Dhadang.2012.teknologi sediaan farmasi. Laboratorium farmasetika Unsoed. Purwokerto.

McCabe W.L., Smith J.C., and Harriot P, ?Operasi Teknik Kimia?, Edisi keempat, Jilid II, Erlangga, Jakarta, 1990, Hal : 394

This entry was posted in TSF Mahasiswa 2010. Bookmark the permalink.

20 Responses to Teknologi Penyaringan Air RO

  1. Betmen says:

    Tabahan, air RO lebih sering digunakan dalam industri besar karena cara pembuatannya yg mudah untuk produksi secara masal

  2. Aldi says:

    Nisrina : iya air RO dan aquades sama” 0 mineral keduanya juga sering dipakai untuk kebutuhan farmasi, yg membedakan keduanya hanyalah proses pembuatannya
    Aquades= Aqua Destilata = pembuatan dengan cara destilasi
    Air RO dengan cara Reverse Osmosis.
    begitu menurut yg saya pelajari ^.^

  3. Nisriina says:

    Bedanya Air Ro sama aquades apa??? aquades dan air ro sama-sama tidak mengandung mineral apa pun d dalamnya.. jadi bedanya apa????

  4. keperawatan 11 says:

    tds tuh apa? maksudnya? emg knapa klo 0? trus itu yg suruh di cek dulu tds 0 tuh maksudnya aer sumurnya apa hasil saringan dari RO nya?

  5. Aldi says:

    Sebenernya sampe saat ini masih diperdebatkan baik atau tidak mineral dalam air minum kita, coba di cek dulu apakah mineral dalam air yang diminum itu ber TDS “0” (kandungan mineralnya 0 ), kalau memang 0 itu merupakan pilihan saja, memakai air RO atau tidak. karena tubuh juga membutuhkan mineral, walaupun mineral-mineral itu bisa juga didapatkan dari bahan makanan lain.
    thx

  6. G1F010022 says:

    nggak bikin penyakit ,,paling juga bikin kembung karena kebanyakan minum ,,
    Air RO kan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ,,
    Kalau menurut aku sihh kaya gituu

  7. keperawatan 11 says:

    aku di rumah pake nya aer RO gmn dong? kan di minum tiap hari, bisa bikin penyakit ga ya kira2?

  8. G1F010038 says:

    ni jack..
    RO adalah perpindahan air melalui satu tahap ke tahap berikutnya yakni bagian yang lebih encer ke bagian yang lebih pekat, teknologi reverse osmosis (RO) banyak dimanfaatkan manusia untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah untuk teknologi pengolahan air minum.
    Ya intinya pokoknya kaya gitu🙂

  9. ardhea fredyantara says:

    waw, mksh atas ilmunya. salam bt kakak Pundi yahhh ^^

  10. zaqysaputra says:

    itu air buat rizal sengkleh sehat kalii ya boy

    Wajib bales..

    RO sih maksudnya gmana??

  11. G1f010079 says:

    Farah : informasi di atas dijamin udah di uji dan dari referensi terpercaa
    metode ini sendiri mulai ditemukan sejak tahun70an

  12. G1f010079 says:

    gumbill and fitri : sebenernya gak ada batasan maksial buat minum air RO, efek samping yg ada klo d minum kebanyakan paling juga kembung. tapi air RO ja tidak di anjurkan buat diminum sehari-hari karena tubuh juga perlu mineral

  13. betmen says:

    ustad : setauku kebanyakan dukun” jga pakenya air RO buat bikin air menyan

  14. fitri says:

    ada batasannya ga boleh diminum berapa banyak ? kaya batasan maksimal gitu makasiii😀

  15. farah says:

    udh ditest secara real blm…???dan bnr kah kasiatnya bisa sperti itu…?sudah melakukan uji kesehatannya…??

    boleh tuh di klu sudah ditest dan terbukti di jual kepasaran… =s

  16. gumbill says:

    kalo air RO untuk minum tiap hari sih gimana?
    bisa engga?

  17. ustad says:

    klo air RO dengan air yang dari dukun sih bagusan mana ya???

  18. susanti says:

    wow sangat berguna informasinya, kira2 Industri obat dan Rumah Sakit di Indonesia sudah ada yg menggunakan RO blm? Dan saya jga penasaran mekanisme air RO untuk mesin haemodialisa itu gmana sih??

  19. G1f010079 says:

    G1F010079
    air RO itu air yg kosng tanpa ada mineral ataupun ion jadi semacam H2O murni gitu loh, untuk di minum jelas ga akan ada efek
    tapi sebaiknya tidak untuk di konsumsi kelanjutan, karena mineral juga dibutuhkan tubuh

  20. somad_in_action says:

    Air RO sih ada efek sampingnya ga ya?????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s