PENGGERUSAN MODERN DENGAN MENGGUNAKAN RAMAN SPEKTROSKOPI


DISUSUN OLEH

ALVIAN SAPUTRA                                          : G1F010016

MUHAMMAD SYAIFUL HIDAYAT            : G1F010065

FIKRI RIANTO ANUGRAH                          : G1F010074

 

 

Jurusan Farmasi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Jln. Dr. Soeparno Karangwangkal, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.

@ http://unsoed.ac.id/, @ http://farmasi.unsoed.ac.id/

 

Abstract

Teknik spektroskopi Raman digunakan sebagai non-invasif, analitis cepat dan merupakan metode untuk mengukur kekuatan penghancur tablet. Dengan menggunakan spektroskopi Raman nilai-nilai kekuatan penghancuran diukur menggunakan hardness tester sebagai metode referensi. diukur, Tablet dikompresi dari massa granul yang mengandung zat aktif. Untuk mengukur kekuatan menghancurkan dari tablet, Raman Spektrum dicatat tablet fromthe. Kuadrat terkecil parsial (PLS) model regresi dibangun untuk memperoleh informasi dari spektra. Korelasi antara kekuatan menghancurkan diukur dan diprediksi nilai untuk tablet terbukti sangat menguntungkan. Dengan spektroskopi Raman, pergeseran diamati sebagai kekuatan penghancur tablet (dan kelancaran dari permukaan tablet) adalah meningkat. Akibatnya, korelasi antara data kekuatannya pada tablet hadir dan Raman spektra yang diamati. Beberapa scanning elektron (SEM) dan non-kontak laser yang profilometry (LP) mikrograf dari permukaan tablet diambil untuk menggambarkan permukaan dan diterapkan sebagai pendukung informasi untuk pendekatan spektroskopi yang diusulkan. Kesimpulannya Raman spekstroskopi adalah menjanjikan alternative lain untuk metode off-line/at line didirikan untuk pengujian beberapa formulasi tablet.

Keyword          : Penggerusan, alat penggerus obat, raman spektrokopi

Proses penggerusan merupakan dasar operasional penting dalam teknologi farmasi. Proses ini melibatkan perusakan dan penghalusan materi dengan konsekuensi meningkatnya luas permukaan. Ukuran partikel atau ukuran butiran dapat menentukan tingkat homogenitas zat aktif dan tingkat kerja optimal. Proses penggerusan melibatkan beberapa gaya, yaitu gaya tekan, gaya bentur, gaya gesek, dan gaya geser. Untuk mebedakannya, penggerusan dapat dikelompokkan menjadi penggerusan kering dan penggerusan basah. Pada penggerusan basah, ke dalam bahan yang akan digerus  diberi cairan, dimana bahan tidak melarut di dalamnya.

Jenis peralatan penghalus yang akan digunakan dipilih sesuai dengan tujuan yang dikehendaki tergantung dari jumlah material dan sifat-sifat fisikanya (kekerasan, elastisitas, kelengketan, dan sebagainya), ukuran partikel awal bahan yang digerus, dan ukuran partikel akhir produk yang diinginkan. Proses penggerusan yang berlangsung lama, maka yang pertama kali dilakukan adalah penggerusan kasar (penggerusan yang menghasilkan partikel-partikel yang berukuran > 20 mesh), kemudian dilanjutkan dengan penggerusan sedang (penggerusan yang menghasilkan partikel-partikel yang berukuran 200-20 mesh) sampai akhirnya diperoleh ukuran partikel terkecil yaitu dengan penggerusan halus (penggerusan yang menghasilkan partikel-partikel yang berukuran < 200 mesh).

 

Ada beberapa alat yang digunakan dalam  proses penggerusan :

  • Mortir dan stemper
  • Blender
  • Raman Spektroskopi

Teknik spektroskopi Raman adalah cepat dan non-invasif metode yang dapat memperoleh real time kuantitatif dan kualitatif informasi pada kimia dan sifat fisik tablet. Teknik ini dapat memberikan kemajuan signifikan sebagai alat proses analitis masa depan, karena spektrum dapat diukur langsung pada permukaan non-destruksi sampel (yaitu tablet) tanpa pengobatan awal (Otsuka dan Yamane, 2006). Selain itu, Raman spektroskopi dapat digunakan hampir di mana-mana dan portabel. Metode ini mudah digunakan dan pengukuran yang berulang. dalam kekuatan menghancurkan tablet.Pengukuran kuantitatif dengan spektroskopi Raman adalah mungkin karena ada hubungan antara intensitas sinyal dan konsentrasi. Hal ini memungkinkan pengukuran konsentrasi langsung dan menjelaskan mengapa spektroskopi Raman telah digunakan dalam banyak kegiatan farmasi. Raman spektroskopi mendeteksi perubahan dalam kekuatan menghancurkan dari dua nilai yang berbeda dari tablet.Raman spektroskopi menentukan kekuatan mekanik tablet , yang dapat mendeteksi peningkatan menghancurkan kekuatan terutama sebagai smoothing dari permukaan tablet.

 

Pada dasarnya, sistem Raman teridiri atas empat komponen utama. Yakni:

a. Sumber eksitasi (laser)

b. Sample sistem iluminasi dan optik pengumpul cahaya

c. Filter atau spectrophotometer

d. Detector (Photodiode array, CCD, atau PMT)

Skema kerja Spektroskopi Raman

Adapun prinsip kerja spektroskopi Raman dapat dilihat pada gambar diatas Di mana sample disinari dengan sinar laser yang memiliki range antara UV hingga NIR. Hamburan cahaya kemudian dikumpulkan oleh lensa dan dikirim melalui filter interferensi atau spectrophotometer untuk mendapatkan spectrum Raman sample. Kemudian digunakan Photodiode Arrays (PDA) atau Charge-Coupled Devices (CCD) untuk mendeteksi cahaya terhambur Raman.

Beberapa hal dapat mempengaruhi proses penggerusan, diantaranya :

  1.       Sifat zat padat, menentukan kemampuannya untuk melawan pengecilan ukuran dan mempengaruhi pemilihan penggerus
  2.       Sifat fisik alamiah bahan, menentukan proses penghalusan. Bahan berserat (glisirhiaze, rauwolfia) tidak dapat digerus dengan tekanan atau tumbukan, bahan tersebut haruslah diiris.
  3.       Kadar air, adanya air lebih dari 5% dapat menghalangi penghalusan, dan sering menyebabkan massa lengket pada penggerusan.

Daftar Pustaka

 

Wahyu, D.K., Nanda, T.S.S., 2012, Teknologi Sediaan Farmasi, Laboratorium Farmasetika Unsoed,Purwokerto.

Fellows, P.J.,  2000,  Food Processing Technology, Principles and Practice, 2nd Ed, Woodhead PublishingLtd.,Cambridge,England.

Lachman, L. Lieberman, H.A., Kanig, J.L., 1994, Teori dan Praktek Farmasi Industri III,

Voigt, R. 1995. Buku Pelajaran Teknologi Farmasi. Universitas Gadjah Mada Press: Yogyakarta.

This entry was posted in TSF Mahasiswa 2010. Bookmark the permalink.

6 Responses to PENGGERUSAN MODERN DENGAN MENGGUNAKAN RAMAN SPEKTROSKOPI

  1. lintang andini says:

    wah artikelnya menarik, saya baru tau ada yg namanya raman spektrofotometri .lumayan nambah ilmu🙂

  2. Muhammad Syaiful Hidayat (G1F010065) says:

    Yurissa Karimah :
    1. bahan ,jadi dilihat dari bahan yang digunakan itu apa seperti apa sesusai dengan tingkat kekerasannya yang mungkin berbeda
    2.sifat fisika dan kimia partikel,ya intinya sifat dan kandungan kimia dari tablet itu sangat berpengaruh dalam pengaruh kekuatan mekanik tersebut
    3.faktor lingkungan ,suhu dan kelembaban dapat mempengaruhi kekuatan tablet sehingga apabila suhu terlalu rendah dan terlalu lembab penghancuran tablet menjadi tidak sempurna .
    mengerti ?

  3. yurissa karimah says:

    bisa tolong d jelaskan tiap point2 di atas ?😀

  4. Muhammad Syaiful Hidayat (G1F010065) says:

    yurissa karimah : makasih atas pujian dan pertanyaanya jadi faktor yang mempengaruhi kekuatan mekanik tablet itu :
    1.bahan
    2.sifat fisik dan kimia partikel
    3.faktor lingkungan baik suhu maupun kelembaban

  5. yurissa karimah says:

    artikelnya cukup menarik🙂
    ada yang kurang paham tolong bisa dijelaskan gak Kan raman spektroskopi itu menentukan kekuatan mekanik tablet .Nah faktor yang mempengaruhi kekuatan mekanik tablet itu apa saja?
    terima kasih🙂

  6. Bella Martha Heriana (G1F009055) says:

    nice artikel🙂

    menurut pendapat kalian, prinsip penggerusan menggunakan raman spektroskopi itu seperti apa, soalnya sy agak susah memahami ketika membaca prinsip yg ditulis🙂

    mungkin untuk kedepannya, selain mencantumkan prinsip berdasarkan literatur, dicantumkan juga prinsip berdasarkan kesimpulan yg kalian dapat berdasarkan literatur🙂
    trmkasih😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s